Wednesday, May 25, 2016

Perjalanan Pendidikan


Pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia. Setiap manusia memiliki akal dan pikiran untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna karena diberi kelebihan daripada dengan makhluk lainnya yaitu berupa akal. Nama saya Tika Triyana, terlahir dari sepasang suami istri Jalalus Sayuti dan Suryati. Saya anak ke-3 dari tiga bersaudara. Orang tua saya sangat memprioritaskan pendidikan kepada anaknya.
Pada awal sekolah, saya sekolah TK di TK Kuncup Harapan. Jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah, sekitar 100 meter. Pada saat TK saya pernah mendapatkan juara 3 menyanyi dan membaca doa-doa sehari-hari. Kemudian, setelah lulus TK saya melanjutkan ke SD yaitu di SDN Prajekan Kidul 02. Jaraknya pun sama, tidak terlalu jauh dari rumah, oleh karena itu sehari-hari saya tempuh dengan berjalan kaki. Saat SD saya pernah memenangkan beberapa lomba mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi, saya pernah mendapat juara 3 menulis sinopsi tentang R.A Kartini, juara 1 paduan suara, juara 2 vollyball. Selnjutnya saya juga meneruskan sekolah saya ke SMP, yaitu di SMPN 01 Prajekan. Jaraknya mulai lebih jauh sekitar 1 km, tapi terkadang saya tetap pergi ke sekolah dengan berjalan kaki. Prestasi yang pernah saya raih di SMP yaitu juara 1 News Reading Contest atau membaca berita. Kemudian, saya melanjutkan sekolah ke SMA, yaitu di SMAN 02 Situbondo. Jaraknya sangat jauh dari rumah karena beda kabupaten. Saya tinggal di Bondowoso, sedangkan sekolah saya di Situbondo. Menjadi hal menarik karena saya harus menempuh ilmu di kota orang. Prestasi yang pernah saya raih yaitu juara 2 Marchen atau membaca dongen bahasa Jerman, dan ikut serta dalam lomba jambore koperasi. Banyak pengalaman yang saya alami saat sekolah. Dan akhirnya saat ini say meneruskan pendidika saya di Universitas Jember, Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

0 comments:

Post a Comment